Sering diplototin bartender? 8 cocktail klasik yang mesti kamu hafal

Guys, pernah ga sih kamu pergi ke bar atau beach club, terus kebingungan sendiri dengan nama-nama cocktail yang bisa kamu pesan? Apalagi kalau kamu lagi pergi bareng pacar, gebetan, atau teman-teman, ke bar trendi yang lagi jaman no drinks menu alias enggak ada menu yang bisa dilihat atau dipesan. Untuk menghindari dipelototin bartender, kamu harus bisa dengan percaya diri memesan minuman favorit kamu, dan dengan fasih menyuruh sang bartender untuk meracik cocktail favorit ala khas kamu sendiri! Move over James Bond! Bukan cuma dia saja yang punya cocktail martini khusus.

Untuk itu, berikut adalah nama-nama cocktail yang wajib kamu tahu kalau kamu ingin terlihat fasih, berwawasan luas dan enggak dipelototin karena salah pesen cocktail karena momen yang tidak tepat.

Apa Itu Cocktail

Cocktail sebetulnya adalah campuran dari beberapa minuman ringan seperti jus, sirup, sari buah, soda, yang dipadukan dengan satu atau beberapa jenis alkohol. Setiap cocktail memiliki cita rasa tersendiri, mulai dari asam, sedikit pahit, manis, hingga rasa-rasa lain yang merupakan hasil kreasi dari bartender.

Klasik cocktail yang bisa kamu pesan dimana aja. Smirart / shutterstock

Zaman sekarang, sebetulnya sudah ada banyak sekali jenis dan nama cocktail baru yang dibuat oleh bartender-bartender di dunia. Namun tetap saja, ada beberapa nama cocktail klasik yang sampai sekarang tetap jadi menu utama atau basis dari cocktail-cocktail lainnya.  

Tanpa berlama-lama lagi, berikut adalah 8 nama cocktail klasik yang harus kamu tahu sebelum kamu pergi ke bar atau beach club!

Margarita

Nama cocktail yang paling pertama harus kamu ketahui adalah margarita, yang merupakan campuran terbaik dan paling terkenal dari tequila. Minuman yang diciptakan oleh seorang bartender di Texas ini biasanya dibuat dengan campuran silver tequila, cointreau, air jeruk limau, dan diberikan garam di mulut gelas untuk menambah sensasi rasa yang berbeda.

Cocktail klasik margarita. oliveandmango.com

Minuman ini cocok bagi kamu yang suka kombinasi rasa asam manis dengan sedikit note asin. Lalu katanya, orang yang suka margarita adalah orang yang nyaman untuk jadi pusat perhatian lho! betul ga ya?

Negroni

Selanjutnya ada negroni, cocktail simpel yang pertama kali dibuat di Cafe Casoni di Florence, Italy pada tahun 1919. Dimana nama cocktail ini diambil dari orang yang merequest seorang bartender untuk dibuatkan versi lebih kuat dari Americano. Nama orang itu adalah Count Camillo Negroni.

Klasik negroni cuma di tambah kupasan kulit jeruk. Tim Nusog

Sejak saat itu, minuman ini mendapatkan popularitas yang jauh lebih dari dugaan dan terus dipesan banyak orang. Pembuatan negroni sebetulnya cukup simpel, yaitu hanya merupakan gabungan dari 1 oz Gin, 1 oz Campari, dan 1 oz Sweet Vermouth yang diaduk dan disajikan dengan kupasan kulit jeruk. Campuran tersebut menghasilkan rasa yang pahit namun dengan sedikit rasa asam dan orange-y yang membuatnya jadi seimbang, sangat menggambarkan orang-orang yang kompleks, penyendiri, namun pintar.

Karena Negroni merupakan minuman yang sangat Italia, untuk bisa Negroni yang enak, carilah bar atau beach club atau restoran yang bertemakan atau dimiliki oleh orang Italia.

Dry Martini

Nama cocktail yang satu ini tentunya tidak asing lagi bagi kamu yang pernah menonton film-film detektif inggris seperti 007. Dry Martini adalah inovasi dari Martini yang hanya memiliki sedikit campuran Dry Vermouth. Dimana rasa yang dihasilkan menjadi lebih kuat dan juga lebih pahit.

Martini kering otentik dengan buah olive. Louise Crouch / Shutterstock

Beberapa sumber mengatakan bahwa minuman ini diciptakan oleh seorang bartender di Hotel Knickerbocker dan menamakannya Martini di Arma di Tagia. Walaupun sama seperti nama cocktail lainnya, tidak ada yang tahu pasti kebenarannya.

Dry Martini dibuat dengan mencampurkan Gin dengan sedikit Dry Vermouth, dipadukan dengan es dan biasanya ditambahkan garnish buah olive atau kulit lemon. Minuman yang cocok bagi kamu yang berkepribadian misterius, pintar, dan cool, seperti James Bond. 

Old Fashioned

Buat kamu yang pemula, jangan coba-coba pesan minuman ini karena memiliki rasa yang strong dan menonjok. Tapi jika kamu merupakan veteran dan sudah terbiasa, menyebut nama cocktail ini saja sudah membuatmu terlihat lebih dewasa dan cool. 

Klasik old fashion biasa disajikan dalam gelas whisky. Acouplecooks.com

Old Fashioned merupakan minuman yang dibuat seorang bartender sebagai bentuk rasa hormatnya kepada Kolonel James E. Pepper, seorang pembuat Bourbon terkenal dari New York City. Dimana tentunya, minuman ini dibuat dari campuran Bourbon atau Rye Wishkey, angostura pahit (campuran beberapa daun herbal yang dimasak dengan alkohol), serta sedikit gula. 

Minuman ini sejak tahun 1800an, biasanya menjadi favorit orang-orang ternama serta dewasa. Namun sekarang, minuman ini disukai orang-orang dewasa yang suka dengan rasa tradisional dan suka tantangan.

Mojito

Nama cocktail yang satu ini rasanya sangat tidak asing di telinga kebanyakan orang. Namun sayangnya, sebagian besar orang juga salah menilai dan mengetahui apa yang sebetulnya disebut sebagai Mojito. 

Cocktail mojito ala buatan rumah. Maja Smend

Mojito sebetulnya bukan hanya minuman soda yang dicampurkan dengan sirup lemon ataupun buah-buah asam lainnya. Melainkan, minuman ini sebetulnya adalah nama cocktail paling terkenal yang datang dari Cuba. Mojito yang asli memang memiliki campuran air soda, sedikit gula, dan air jeruk limau, namun sebetulnya masih ditambahkan satu bahan lagi, yaitu rum putih.

Minuman yang sangat cocok bagi orang yang tidak terlalu suka cocktail pahit, dan suka party!

Bloody Mary

Bloody Mary, mendengar namanya saja sepertinya minuman ini adalah minuman yang cukup menyeramkan dan berani. Well, kamu tidak salah, karena seperti nama cocktail ini, minuman ini merupakan minuman orang berani yang suka dengan pengalaman yang berbeda.

Bloody Mary biasanya disajikan dengan sayur seledri atau selada. Caillin Bensel

Bagaimana tidak? Bloody Mary merupakan cocktail yang dibuat dari campuran potongan lemon dan jeruk limau, vodka, dan juga jus tomat; yes, jus tomat. Campuran ini membuat sensasi yang sedikit unik, dimana cocktail ini menjadi satu dari sedikit cocktail yang memiliki tekstur yang cukup kental.

Biasanya orang yang suka Bloody Mary adalah orang yang suka menikmati hidup dan serta penuh pertimbangan. Dimana saat minum alkohol saja, ia suka yang memiliki rasa, dan tekstur yang kompleks, serta tetap mengandung buah/sayuran.

Manhattan

Campuran dari Spice Rye, Sweet Vermouth, Angostura, yang diaduk dan disaring, lalu digarnish dengan cherry yang sudah direndam di brandy, membuat minuman ini menjadi pilihan orang-orang yang berkelas. Selain prosesnya, rasa yang dihasilkan juga tidak kalah berkelas, dimana kamu akan merasakan sedikit rasa pahit dengan sentilan rasa herbal.

Coktail Manhattan otentik dengan buah ceri. Antonis Achilleous

Menurut rumor, minuman ini dibuat oleh Dr. Iain Marshall dan ditujukan kepada Lady Randolph Churchill, ibu dari Winston Churcill untuk sebuah pesta di awal tahun 1880an. Mengapa nama Manhattan? Karena minuman ini dibuat di sebuah bar bernama Manhattan Club.

Minuman ini cocok untuk orang-orang berkelas. Bahkan, beberapa selebriti mengklaim minuman ini adalah minuman favorit mereka, untuk menunjukkan seberapa berkelasnya mereka.

Pina Colada

Nama cocktail terakhir yang tidak boleh kamu lupakan adalah Pina Colada, sebuah nama cocktail tropis paling terkenal dan berasal dari Puerto Rico. Dimana minuman ini dibuat dari campuran krim kelapa, rum putih, dan jus nanas, cocok bagi kamu yang suka rasa asam dan creamy

Klasik pinacolada coktail dengan jus nanas. Brent Hofacker / Alamy

Minuman ini dibuat oleh  Ramón “Monchito” Marrero pada tahun 1954 untuk menu di Hotel The Caribe Hilton. Minuman ini di klaim oleh Marrero sebagai minuman yang memiliki dan melambangkan esensi murni dari rasa milik Puerto Rico.

Minuman ini biasanya diorder oleh orang-orang yang berjiwa sosial tinggi, dan sangat menarik perhatian. Selain itu tentunya, karena minuman ini cukup manis, biasanya hanya diorder oleh orang yang suka dengan minuman-minuman manis.

Nah, itu dia guys! 8 nama cocktail klasik yang paling penting dan wajib kamu tahu sebelum kamu pergi ke beach club bersama teman-temanmu. 

Percayalah, dengan mengetahui 8 nama cocktail ini saja, kamu akan bisa memesan minuman dengan fasih dan percaya diri, memilih cocktail yang tepat untuk momen yang berbeda. Apalagi, sekarang kamu bisa tahu tipe-tipe orang dari minuman yang mereka pesan. Sehingga tentunya kamu juga akan lebih mudah untuk menilai orang, dan pastinya bisa memilih kalimat pembuka untuk ice breaker yang tepat!